Selasa, 16 Juni 2015

Procrastination: How Not To

My Office (Break Time)
1458 hours

"I think of myself as an intelligent, sensitive human being with the soul of a clown which always forces me to blow it at the most important moments."
- Jim Morrison

"You can't just turn on creativity like a faucet. You have to be in the right mood. What mood is that? Last-minute panic."
- Bill Watterson

Kita sering sekali menunda banyak hal karena berbagai alasan, contohnya menunda untuk bangun karena masih ingin tidur lebih lama, menunda untuk mengerjakan tugas karena merasa capek atau masih ingin santai, menunda untuk makan karena merasa kenyang atau sedang tidak nafsu makan, menunda waktu berangkat untuk janji ketemuan dengan teman karena merasa masih punya banyak waktu, dan masih banyak lagi. Terkadang kita menunda hal-hal tersebut karena kita mempunyai alasan yang jelas kenapa harus (dengan terpaksa) kita tunda, tetapi ada juga yang menunda dengan alasan yang sengaja dibuat-buat, padahal sebenarnya dia hanya malas saja untuk mengerjakan hal tersebut. 

Penundaan atau dalam bahasa inggrisnya Procastination menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti menghentikan dan akan dilangsungkan lain kali (lain waktu), mengundurkan waktu pelaksanaan, atau juga berlama-lama dalam melakukan sesuatu. Mungkin banyak diantara kita yang menyatakan bahwa menunda itu hanya akan membuat kita menjadi malas dan membuat kita bekerja tidak maksimal. Apakah benar seperti itu?

Beginilah rasanya bila kita menulis dan menunda
karena merasa kurang inspirasi (alesan doang itu mah)

Aku bertanya kepada beberapa teman, dan banyak diantara mereka yang menunda sesuatu yang seharusnya tidak ditunda, misalnya menunda untuk bangun, kerja tugas, Bahkan menunda untuk mandi. Ya sudahlah hal-hal itu memang tidak boleh ditunda karena alasan yang tidak jelas. Tapi beberapa diantara mereka melakukan "Penundaan Positif". Nah lho apaan nih?

"Penundaan Positif" bagiku merupakan tindakan seseorang yang sabar dalam menanggapi sesuatu. Dia akan menunggu sampai waktunya tepat untuk mengerjakan hal tersebut sehingga dia tidak sampai salah mengerjakannya. Ada temanku yang menjawab bahwa dia menunda untuk perform karena dia berprofesi sebagai DJ, dan alasan dia menunda karena dia ingin menyelesaikan kuliah S1-nya dulu, baru dia akan perform lagi sebagai DJ. Dia menunda suatu hal yang sebenarnya bisa dia kerjakan sekarang, tapi dia menundanya untuk sesuatu yang lebih prioritas sehingga tidak ada pekerjaan yang tidak selesai dengan baik.

Bila kamu merupakan salah satu orang yang melakukan penundaan karena kamu malas melakukannya, kamu bisa mengubah kebiasaan kamu itu sehingga tidak terulang kembali. Beberapa tips yang aku bisa berikan kepada kalian adalah:
  1. Tetapkan prioritas (To-do list)
    Buatlah skala prioritas dari hal-hal yang akan kalian kerjakan nanti. Tentukan dari yang paling penting sampai pada yang kurang penting, dan juga tentukan waktu pengerjaannya. Apabila hal tersebut membutuhkan waktu pengerjaan yang lama, mungkin bisa diprioritaskan lebih tinggi, atau ada hal yang bisa dikerjakan dalam waktu yang cukup singkat dan sangat dibutuhkan, usahakan agar hal tersebut bisa diselesaikan secepatnya sehingga bisa mengerjakan yang lainnya.
  2. Tentukan timeline pengerjaan
    Ini penting dalam kita mengerjakan sesuatu secara teratur. Kita mungkin telah menentukan prioritas, tetapi kalau kita tidak mengatur waktu pengerjaan dengan baik, maka semua bisa sia-sia. Tentukan pembagian waktu pengerjaan yang tepat untuk setiap hal yang masuk dalam skala prioritas, sehingga semua hal bisa terselesaikan tepat waktu. Tentukan juga kapan kalian bisa istirahat dan berapa lama kalian istirahat agar kalian tidak jenuh dan stress dalam mengerjakan tugas-tugas kalian.
  3. Berkomitmen dan lakukan
    Kita sudah membuat skala prioritas dan membuat timeline pengerjaan. Sekarang apa yang harus kita lakukan? Kerjakan apa yang telah kita prioritaskan, dan kita tetap berkomitmen untuk mengerjakan apa yang telah kita jadwalkan dan tentukan sendiri. Ingat bila kita tidak ingin berkomitmen dan mengerjakan, sehebat apapun rencanamu semuanya sia-sia.
Do it, brother. Do it.


Jujur aku sendiri masih mempunyai banyak hal yang kutunda, termasuk menunda untuk menulis. Tapi, harus kuakui bahwa menulis ataupun membuat cover lagu dan menulis lagu sendiri itu tidak gampang. Inspirasi bisa datang kapan saja tanpa kita sadari, tapi kita tidak akan semudah itu menemukan inspirasi dan ide kapanpun kita mau. Berjuanglah melawan kemalasan, lakukan yang harus kalian lakukan, dan lakukanlah SEKARANG JUGA!!!

"Tangan orang rajin memegang kekuasaan, tetapi kemalasan mengakibatkan kerja paksa."
- Amsal 12:24

I'm Andrew. Keep calm and have a tea. God Bless ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar